Reorganisasi Pengurus OMK Wilayah V

posted in: REPORTASE | 0

REORGANISASI PENGURUS OMK WILAYAH V “MARIA PERAWAN SETIA”

Reportase pandangan mata oleh P’Dhe

Pada hari minggu pagi, 5 Maret 2017 pukul 6.30 wib meski langit nampak mendung tidak menyurutkan langkah langkah kaki para Orang-orang Muda Katolik (OMK) wilayah V untuk datang satu persatu di tempat yang telah disepakati untuk berkumpul, demikian juga para orang tua yang perduli pada orang-orang muda ini dalam tempo singkat hadir berkumpul bersama mereka. Pada hari ini mereka berkumpul untuk berangkat bersama-sama dengan menggunakan 6 mobil dan beberapa ada yang berkendara sepeda motor menuju ke Rumah Retret Wisma Theresia Lisieux Tidar Malang.

Keberangkatan mereka ke Rumah Retret Wisma Theresia Lisieux Tidar Malang untuk mengadakan kegiatan TEMU ORANG MUDA WILAYAH V “MARIA PERAWAN SETIA” yang terdiri dari Lingkungan Santo Ambrosius, Santa Angela dan Santa Agata dengan agenda utama adalah Pergantian Pengurus OMK wilayah yang kepengurusannya telah habis masa baktinya tahun ini. Dan agenda ini diselenggarakan sebagai bentuk Komitment Wilayah V akan Penyelenggaran Pembinaan Generasi Muda Katolik di wilayah yang telah dicanangkan untuk ditekati eksistensinya oleh Wilayah mulai dari para pendiri wilayah terdahulu sekaligus sebagai bentuk respon nyata terhadap program kerja Bidang Khusus IV (BPOMK) Dewan Pastoral Paroki Ratu Rosari yang berharap adanya pembinaan serta kepengurusan OMK disemua wilayah Paroki Ratu Rosari.

Tepat pukul 07.30 wib iring iringan kendaraan meluncur menuju ke Rumah Retret Wisma Theresia Lisieux dan tiba hampir pukul 08.10 wib. Setelah melakukan absensi di pintu masuk aula seluruh peserta OMK yang hadir berjumlah 27 orang langsung mengambil tempat yang telah disediakan dan acara dibuka dengan menyanyikan sebuah lagu dilanjutkan dengan doa pembukaan yang dipimpin oleh Ketua Wilayah Bp. Anselmus Jeraru Nguru. Setelah doa pembukaan, Bp. Agung Nugroho selaku pembina OMK wilayah memberikan sambutan berupa pengarahan serta motifasi kepada seluruh peserta dan dilanjutkan dengan sesi acara aneka game baik yang bersifat indifidual maupun kelompok yang ditangani sepenuhnya oleh anak anak muda sendiri.

Selama berlangsungnya acara game nampak keceriaan dan kebersamaan diantara mereka yang diwarnai dengan gelak tawa serta canda khas gaya anak muda. Sementara itu para orang tua yang hadir berada di sekeliling mereka turut tertawa dan antusias memberi suport kepada mereka. Acara game berlangsung kurang lebih hampir dua setengah jam yang diakhiri dengan game outdoor berupa game kelompok yang menuntut adanya kerjasama, koordinasi dan adanya saling pengertian diantara anggota kelompok yang dibagi dalam 3 grup. Meski game ini dilakukan di bawah sengatan terik matahari namun para orang muda ini tetap semangat dan penuh keceriaan mengikutinya.

Setelah beristirahat kurang lebih 15 menit, acara dilanjutkan dengan sesi pemilihan pengurus OMK masa bakti 2017 – 2019 di dalam aula yang dimoderatori oleh Ketua OMK saudara Dicky.

Proses pemilihan diawali dengan penyampaian tatacara pemilihan dan dilanjutkan dengan pengumuman calon calon kandidat ketua OMK yang rupanya sudah disaring melalui setiap kategori dan babak Game yang tadi mereka lakukan, dimana dalam setiap kategori dan babak game ada semacam penilaian/point bagi semua peserta tanpa terkecuali terlebih bagi peserta yang dipilih oleh masing-masing kelompok untuk di percaya menjadi leader pada saat pelaksanaan game kelompok yang terdiri dari 3 macam kategori permainan. Dan pada setiap kategorinya peserta yang dipilih untuk menjadi leader harus berganti tidak boleh memilih orang yang sama, dan pada saat itu masing masing kelompok harus menyampaikan alasan kenapa kelompoknya memilih leader mereka berikut dengan alasan kenapa sang leader mau dipilih. Point point ini kemudian diakumulasikan dengan nilai/point indifidual serta kecakapan masing masing leader dalam memimpin kelompoknya dalam menyelesaikan tantatangan tantangan yang diberikan kepada setiap kelompok.

Akhirnya muncullah 6 nama kandidat yang maju dalam pemilihan calon ketua OMK yaitu :

  1. Yollandita – Sto. Ambrosius
  2. Deo Devin  – Sta. Angela
  3. Valentinus – Elzha Sta. Angela
  4. Fransiska Tiara – Sta. Agata
  5. Nunki – Sta. Agata
  6. Alberta Nila – Sto. Ambrosius

      Selanjutnya para kandidat ini diminta untuk maju satu persatu untuk menyampaikan visi dan misinya bagi kepengurusan OMK wilayah V apabila mereka terpilih nanti. Setelah itu dimulailah proses pemungutan suara dilaksanakan dengan disaksikan oleh para orang tua yang hadir. Setiap peserta diberikan sepucuk kertas untuk menuliskan satu nama calon kandidat dan langsung dikumpulkan dalam keadaan terlipat, kemudian dihitung oleh petugas dihadapan peserta yang nampak penuh penasaran menantikan hasil pemungutan suara. Setelah dihitung akhirnya muncullah  hasil pemungutan dengan jumlah perolehan suara sebagai berikut :

  1. Deo Devin – Sta. Angela ( 12 suara )
  2. Valentinnus Elzha – Sta. Angela ( 8 suara )
  3. Yolandita – Sto. Ambrosius ( 6 suara )
  4. Fransiska Tiara – Sta. Agata ( 0 suara )
  5. Nunki – Sta. Agata ( 0 Suara )
  6. Alberta Nila – Sto. Ambrosius ( 0 Suara )
  7. Surat suara tidak sah ( 1 Suara )

Maka terpilihlah Yohanes Deo Devin Benedict melalui suara terbanyak menjadi ketua OMK wilayah V “Maria Perawan Setia” masa bakti 2017-2019 dan didalam forum juga disepakati Valentinus Elzha menduduki posisi wakil dan Yolandita sebagai sekretaris, sedangkan Tiara, Nunki, dan Nila akan menempati posisi yang lain dalam kepengurusan yang sepenuhnya akan dipilih oleh ketua OMK yang baru. Setelah ketua yang baru ditetapkan selanjutnya acara diisi penyampaian sambutan dari ketua OMK yang lama. Dalam penyampaian sambutannya, ketua OMK yang lama menyampaikan ucapan terima kasih juga menyampaikan beberapa evaluasi sebagai masukan bagi para pengurus yang baru dan juga untuk seluruh rekan rekan OMK yang lain dengan harapan agar kepengurusan OMK yang baru dapat berjalan lebih baik dan semakin solid.

Setelah acara pemilihan selesai dilanjutkan dengan sambutan sambutan dari Ketua Wilayah V, Pembina OMK, Perwakilan Orang Tua dan Bp. Krisdiyanto selaku perwakilan dari Dewan Pastoral Paroki dan berakhirlah serangkaian acara hari itu yang ditutup dengan doa makan sekaligus doa penutup. Sekitar pukul 13.30 seluruh peserta dan orang tua bersama sama beriringan kembali pulang dengan membawa rasa suka cita dan syukur atas kelancaran seluruh acara terlebih misi pada hari itu untuk dapat melakukan reorganisasi kepengurusan OMK Wilayah V dapat tercapai dengan baik dan sukses tanpa ada kendala apapun dan tanpa adanya penolakan dari para peserta yang terpilih mencadi calon calon  kandidat ketua OMK Wilayah V “Maria Perawan Setia” Paroki Ratu Rosari Kesatrian.

Proficiat dan selamat berkarya wahai Gereja-gereja Muda. Tuhan memberkati.

STRUKTUR PEMBINA OMK WILAYAH V

PENANGGUNG JAWAB :

  1. Ketua Wilayah : Bp. Anselmus Jeraru Nguru
  2. Ketua Lingkungan Sta. Angela : Bp. Agustinus Fine Cahyadi
  3. Ketua Lingkungan Sta. Agata : Bp. Agustinus Banar Wijanarko
  4. Ketua Lingkungan Sto. Ambrosius : Bp. Johanes Heri Tjahjono

PEMBINA :

  1. Bp. Agung Nugroho (Koordinator) Sta. Agata
  2. Bp. Kalis Sta. Agata
  3. Bp. Wilhelmus Jehadung Sto. Ambrosius
  4. Bp. Andreas Widodo Sta. Angela
  5. Edi Soeprijanto (Bidang Olah Raga) Sta. Angela
  6. Bp. Henricus Windu (Bidang Seni) Sta. Agata

 

Bagikan :
Follow admin:

KOMSOS PRR

Latest posts from